WELCOME!


I made this widget at MyFlashFetish.com.


Jumat, 05 Februari 2010

Sedekah Telur Busuk


Oleh: Ihsan M

Sudah semestinya, sebagai kaum muslim, kita memberikan yang terbaik dari setiap amal untuk mendapatkan imbalan yang terbaik pula. Sungguh amat menyesal jika kita menyadari imbalan yang kita dapat tak sebaik yang diharapkan karena amal yang kita lakukan ternyata bukanlah yang benar-benar terbaik. Semoga kisah di bawah ini dapat menjadi pelajaran untuk kita semua.

Alkisah, rumah Ja’far ibnu Khattab kedatangan tamu seorang pengemis. Ja’far pun bergegas menanyakan pada istrinya perihal harta yang bisa ia berikan pada sang pengemis. “Istriku adakah sesuatu yang dapat disedekahkan?”
Istrinya menjawab, “kurasa kita sudah tidak punya uang atau pun makanan yang dapat disedekahkan.” Ketika didesak Ja’far, akhirnya sang istri mengeluarkan empat butir telur yang tersisa dari dapurnya. “Berikan semua telur itu padanya!” perintah Ja’far seketika.

Pengemis itu pun pergi setelah mendapatkan sedekah telur tersebut. Selang beberapa waktu, Ja’far didatangi tamu kembali. Kali ini saudaranya yang membawa keranjang berisi 40 butir telur. Telur-telur itu pun diberikan pada Ja’far sebagai hadiah.

Ja’far tertegun sejenak. Ia teringat dengan 4 butir telur yang ia berikan pada pengemis. Ternyata yang ia dapat sebanyak 40 butir. Artinya, sepuluh kali lipat dari sedekahnya. Keheranan Ja’far belum berhenti saat ia menemukan di antara 40 butir telur tersebut terdapat 10 butir telur yang telah membusuk. Tak ingin menyakiti hati saudaranya yang sudah memberikan telur-telur tersebut, Ja’far pun tak menanyakan padanya.

Justru yang Ja’far lakukan adalah mempertanyakan kejadian ini pada sang istri. Akhirnya sang istri menyadari telah melakukan satu kesalahan. “Maafkan aku suamiku, itu semata-mata kesalahanku. Aku sesungguhnya tahu satu dari empat telur yang kita sedekahkan pada pengemis itu busuk. Allah Maha Adil, kita telah memperoleh imbalan sesuai dengan amal yang kita lakukan,” ujar istri Ja’far mengakui.

Ja’far dan istrinya pun menyesal, karena meski mendapat imbalan 40 butir telur dari empat butir yang disedekahkan nyatanya ada 10 butir yang busuk karena sedekahnya satu butir telur busuk.

Diriwayatkan dari Anas bin malik, Rasulullah saw pernah bersabda, “Aku melihat pada waktu malam di-isra’-kan, pada pintu Surga tertulis: Sedekah dibalas 10 kali lipat”. Sungguh, Allah tak pernah sekali-kali mengingkari janji-Nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKTI TRANSAKSI ANTARA TUHAN - HAMBA

BUKTI TRANSAKSI ANTARA TUHAN - HAMBA
Dengan atau tanpa kita, Dakwah Islam akan tetap berjalan, namun apakah Neraka-Nya tidak terlalu menakutkan serta Surga-Nya tidak begitu menggiurkan untuk kita semua?