WELCOME!


I made this widget at MyFlashFetish.com.


Kamis, 18 Februari 2010

Manajemen Kreativitas Dakwah Kampus


Oleh: Z Ahmad

ImageYang paling sering dikhawatirkan muncul pada diri aktivis dakwah kampus diantaranya adalah masalah kejenuhan dan kejemuan. Walaupun sebetulnya secara normatif dan i’tiqadiy semua aktivis diharapkan bisa terus menjaga stabilitas semangat dan keistiqomahannya, namun acapkali masalah kejenuhan dan kejemuan masih selalu membayangi.

Di level top level management biasanya soal semangat dan agresivitas mungkin tidak terlalu diragukan lagi. Walaupun demikian tetap saja perlu diperhatikan. Namun yang sering perlu mendapat perhatian lebih adalah kalangan di middle level management dan juga low level management.

Kalangan top level management diasumsikan terdiri dari orang-orang yang relative stabil dalam urusan semangat. Maka kepada merekalah beban untuk membangun suasana agar aura semangat tetap terjaga di kalangan seluruh anggota teamnya. Stake holder organisasi perlu mencari berbagai macam cara agar grafik anggota organisasinya terus meningkat. Kalaupun tidak meningkat minimal bertahan dalam tempo tertentu untuk kemudian segera ditingkatkan lagi.

Hal mendasar yang perlu difahami guna menjaga semangat ini adalah bahwa dakwah adalah urusan agama. Sementara agama itu hubungannya dengan naluri beragama atau gharizah. Dan sebagaimana diketahui bersama bahwa setiap naluri atau gharizah selalu membutuhkan faktor eksternal diri manusia yang menstimulusnya untuk dapat menuntut adanya pemenuhan. Oleh karena itu, apabila ingin agar diri kita terjaga suasana keberagamaan dan selanjutnya ingin terjaga suasana dakwahnya maka harus selalu bisa memunculkan berbagai macam gagasan dan teknik kreatif yang bisa menstimulus hasrat untuk berdakwah.

Demikian juga apabila kita menghendaki agar orang-orang di sekitar kita, keluarga kita, teman kita, binaan kita, yunior kita, dan seluruh anggota ogranisasi kita, maka perlu sebanyak mungkin melahirkan cara-cara kreatif untuk menstimulus lahirnya gairah beragama dan gairah dakwah pada diri mereka.

Adapun secara khusus tentang masalah semangat ini dapat difahami seperti berikut: bahwa untuk mengatasi kejenuhan dan menghindari kejemuan adalah dengan cara menciptakan dinamika. Dan untuk menciptakan dinamika harus melahirkan kreativitas.

Ada 4 cara yang perlu selalu diperhatikan agar proses kreativitas terus berlangsung:
1- Selalu mengajukan pertanyaan “apa lagi yang harus saya lakukan?”, atau “apalagi yang mau kita lakukan?”. Syndrome yang sering menimpa aktivis dakwah kampus adalah ketika telah menyelenggarakan event tertentu apalagi yang berskala besar, maka merasa sudah cukup. Padahal tantangan dakwah di depan masih banyak PR-nya. Spirit dari pertanyaan seperti di atas adalah bahwa setiap aktivis dakwah selalu haus untuk terus berkarya.

2- Merancang kegiatan dengan prinsip harus beda dari sebelumnya atau tidak ingin melakukan hal yang sama seperti sebelumnya. Pola seperti ini akan membiasakan para aktivis dakwah untuk selalu memunculkan hal-hal baru.

3- Mudah mengambil inspirasi dari berbagai realitas, fenomena, dan karya orang lain yang sudah ada. Sebagai contoh film Superman, ini terinspirasi dari realitas manusia dan fenomena burung lalu kemudian muncul gagasan film yang menggambarkan manusia bisa terbang. Contoh lain, dari kebutuhan manusia akan jas hujan, tapi saat yang sama orang-orang ingin simple dalam mengenakannya selayaknya baju biasa, akhirnya muncullah ide membuat jas hujan berbentuk baju biasa. Demikian juga para aktivis dakwah, bisa mengadakan berbagai acara dengan berbagai model dengan mengambil inspirasi dari acara-acara di TV, Radio, dsb. Ketika membuat publikasi misalnya, bisa saja melihat berbagai model iklan yang ada di Koran, tv, dll.

4- Untuk hal-hal yang bersifat metodologi (thariiqah), atau yang sudah jelas-jelas hukumnya dalam Islam maka tidak boleh ada kreativitas di situ.

Inilah sekelumit tentang teknik membangun kreativitas. Bukan sembarang kreativitas, melainkan kreativitas yang dimaksudkan untuk mendinamisasi gerak dakwah dan diharapkan bisa menjaga aura semangat para aktivis dakwah kampus. Insya Allah apabila hal-hal di atas diterapkan akan sangat mengasyikkan, menjaga semangat, dan membangun suasana dinamis serta terjaganya semangat yang tak berkesudahan. Insya Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BUKTI TRANSAKSI ANTARA TUHAN - HAMBA

BUKTI TRANSAKSI ANTARA TUHAN - HAMBA
Dengan atau tanpa kita, Dakwah Islam akan tetap berjalan, namun apakah Neraka-Nya tidak terlalu menakutkan serta Surga-Nya tidak begitu menggiurkan untuk kita semua?